RSS

Jonathan Prawira

Jonathan Prawira adalah sosok yang dulu lebih banyak dibelakang layar pentas musik Gospel Indonesia, tetapi sekarang ia telah menjadi penyanyi rohani dengan lagu-lagu yang telah memberkati banyak umat Kristen di Indonesia. Karya-karya Jonathan Prawira yang terkenal seperti: Sejauh Timur dari Barat, Hati S’bagai Hamba, Mujizat Itu Nyata merupakan beberapa contoh lagu yang ditulis sendiri oleh Jonathan Prawira yang sering dipakai dalam banyak kebaktian gereja di Indonesia. 
PROFILE JONATHAN PRAWIRA
Jonathan Prawira mulai terpanggil untuk membuat lagu rohani sejak tahun 1989. Pelayanan sebagai song writer itu dilandasi oleh Firman Tuhan dalam Efesus 5:19 (Pakailah kata-kata dari mazmur, nyanyian puji-pujian dan lagu rohani, dalam percakapan-percakapanmu. Hendaklah kalian dengan hati yang gembira menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan). Total lagu karyanya yang sudah beredar sejak tahun 1995 sampai sekarang sekitar 500 lagu (tersebar di 440 album rohani dan 21 VCD rohani). Semua itu dikeluarkan oleh 65 recording company
Pada tahun 1995, Jonathan mengembangkan trendsetter worship yang diawali dengan album ”Giving My Best” yang dinyanyikan oleh GMB. Dasar pelayanan ini adalah Firman Tuhan dalam Mazmur 33:1-3 (Hai orang-orang saleh, bersoraklah gembira karena apa yang telah dilakukan TUHAN; patutlah orang jujur memuji-muji. Bersyukurlah kepada TUHAN dengan kecapi, bernyanyilah bagi-Nya dengan iringan musik. Nyanyikanlah lagu baru bagi TUHAN, mainkan kecapi baik-baik dan bersoraklah dengan riang!).
Kemudian, 1998, ia mengembangkan pelayanan yang disebutnya sebagai intimate worship dengan diawali dengan album ”Intimate Worship” yang dilantunkan oleh Jefry S. Tjandra. Pelayanan penyambahan ini dilandasi oleh Firman Tuhan dalam Mazmur 24:14 (TUHAN adalah sahabat orang yang takwa, Ia menyatakan maksud-Nya kepada mereka).
Pada tahun 2001 Jonathan mendapat hikmat dari Mazmur 8:1-3 (Ya TUHAN, Allah kami, kuasa-Mu termasyhur di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit, dinyanyikan oleh anak-anak dan bayi. Pemerintahan-Mu teguh tak tergoyahkan untuk membungkamkan musuh dan lawan) sehingga ia mengembangkan ”spiritual warfare-worship” yang diawali dengan album versi kalangan sendiri ”Tabut Kekuatan-Mu”.
Kreatifitas Jonathan terus belanjut. Tahun 2006, Jonathan mengembangkan ”Motivational worship” dengan diawali album ”Dreams Comes True”, ”Never Give Up” dan “The Next Level”. Dasar pelayanan ini adalah  surat Roma 12:11 (Bekerjalah dengan rajin. Jangan malas. Bekerjalah untuk Tuhan dengan semangat dari Roh Allah). Kemudian, 2008, ia berencana mengembangkan “New Song Ministry” yang berbasis pada Firman Tuhan dalam Mazmur 40:4 (Ia mengajar aku menyanyikan lagu baru, lagu pujian untuk Allah kita. Banyak orang melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN).
Beberapa lagu karya Jonathan Prawira telah dipakai sebagai soundtrack sinetron, yaitu: ”Sperti yang Kau Ingini”, ”Mujizat itu Nyata”, ”Hati sbagai Hamba”, ”Sejauh Timur dari Barat”, ”Kau Mengenal Hatiku”, ”Kasih yang Sejati”, dan ”Menanti Keajaiban”.
Sederet artis yang pernah menyanyikan lagu-lagu Jonathan Prawira adalah: Ade Manuhutu, Adi ”AFI”, Alex & Jacob Kembar, Andre Hehanusa, Angel Karamoy, Bella Saphira, Carlo Saba, Chris Manusama, Cynthia Maramis, Cornelia Agatha, Damai ”AFI”, Danar ”Idol”, Dessy Fitri, Diana Nasution, Edo Kondologit, Eka Deli, Feby Febiola, Glen Fredly, Grace Simon, Heidy Diana, Irma June, Joe Richard, Joshua Suherman, Joy Tobing, Junaedi Salat, Karmila Warouw, Melky Goeslow, Meriam Bellina, Michael ”Idol”, Nindy Ellese, Nur Afni Octavia, Ricky Jo, Roger Danuarta, Ronny Sianturi, Ruth Sahanaya, Samuel ”AFI”, Sandro Tobing, Sizy Mirty, Suci ”Idol”, Umbu Prabawa, Victor Hutabarat, Vonny Sumlang, Wanda Pesulima, dan Wisnu ”Idol”.
Album-album solo yang pernah dikeluarkan adalah ”Indah pada Waktunya” (Rhema), ”Surga itu Nyata” (Bethlehem), ”Power of Worship” (Sion Glory), ”Dreams Come True” (Bahana Trinity), ”Never Give Up” (Bahana Trinity). Sedangan album-album kompilasi yang pernah dikeluarkan adalah ”12 Lagu Nonstop Penyembahan by Priskila” (Maranatha), ”12 Praise & Worship Songs” (Maranatha), ”12 Karya Terbaik” (Maranatha), ”Jonathan Prawira & Friends” (Chosen One), ”Decade of Dedication Yellow and Black” (Bahana Trinity), ”10 Karya Terbaik Vol 1 & 2” (Rhema), ”Special Song 10 Karya Emas by Gloria Trio” (Rhema), ”Karya Terbaik by Dessy Fitri” (Rhema), ”Karya Emas by Karmila Warouw” (Rhema), ”Hidupku Berharga” (Rhema), ”Bangkit dan Menang” (Chosen One), ”Mujizat Setiap Hari” ost buku Mujizat Setiap Hari (Bahana Trinity), ”Heart of Worship” (Sola Gracia), ”Worship Hits by Kid Worshipper” (Insight), ”Aku Anak Raja by Garren & Chella Lumoindong” (Glow), ”Call me Blessed” (Insight), ”The Next Level” (Harvest), ”20 Power of Worship” (Insight), ”Mujizat Setiap Hari 2” (Getsemani), ”Yes, This is Worship 2” (Insight). Konseptor atau co-producer album yang pernah dikeluarkan adalah ”Intimate Worship by Jefry S Tjandra (Shekinah Music), ”Surga itu Nyata” ost buku Heaven is so Real (Bethlehem), ”Heartsong by Farah Pattisalamuw” (Bethlehem), ”Heart to heart Worship by Cynthia Maramis” (Bethlehem), ”Di Sini Ada Tuhan by Newheart” (Rhema), ”Terbang by One Way” (Chosen One), ”Rinduku ini UntukMu by Wanda Pesulima” (Harvest), ”Yes, This is Worship” (Bahana Trinity), ”Yes This is Worship Christmas” (Bahana Trinity), ”Kemenangan dalam Penyembahan Vol 2” (Bahana Trinity), ”Kemenangan dalam Pujian Christmas” (Bahana Trinity), ”Yours, Mine, and God’s Love” (Bahana Trinity), ”Mujizat” (Bahana Trinity), dan ”Beautiful Worship by Feby Febiola” (Insight).
Penghargaan-penghargaan yang telah diterima oleh Jonathan Prawira adalah ”Victory Music Award” sebagai komposer/arranger terbaik 2000, ”IGMA Award” sebagai ”Songwriter of the year 2005” dan nominator best song ”Sperti yang Kau Ingini”, ”IGMA Award” sebagai ”Songwriter of the year 2006” dan nominator best song ”Hati sbagai Hamba” serta nominator penyanyi pria terbaik, ”IGMA Award” sebagai ” Best Song Pilihan Jurnalis 2006” untuk lagu ”Hati sbagai Hamba”, serta Perayaan 10 tahun dedikasi Jonathan Prawira di dunia rohani oleh infotainment.
Adapun kegiatan yang pernah dan sedang dilakukan oleh Jonathan Prawira adalah menjadi konseptor/co-producer di Shekinah Music, konseptor/co-producer di Bethlehem, konseptor/co-producer di Bahana Trinity, host Program Rasio rohani ”Yes This is Worship” di RPK, penulis tetap rubrik ”Yes This is Worship” di majalah Bahana, pembicara seminar worship di berbagai gereja, pengisi live-worship di berbagai gereja, pengisi tetap sebagai motivational worship di ibadah pujian penyembahan WOW di GBI GLOW, host Yes This is Worship Club” di 2425, salah satu penyedia konten tetap di ”TitTatTut”, ”Kapan Lagi”, ”MobiMax”, dan program ”Inspiration for the Heart” di Radio Sangkakala Surabaya.
ALBUM
Album barunya "Call me Blessed" berisi 10 track lagu, yaitu : (klik judul lagu untuk download lagunya):
  1. Berkat Tuhan yang menjadikan Kaya
  2. Pertolongan yang Ajaib
  3. Baik adanya
  4. Ku kan Terbang
  5. Kau dasar Iman-ku
  6. Aku di Berkati
  7. Segala Kuasa ada di Tangan Tuhan
  8. Tiang Awan Tiang Api
  9. Umat yang MengenalMu
  10. Berkat Baru
Ini Video Jonathan Prawira yang berjudul "Bapa Yang Setia":





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar