RSS

Gitar

Kita semua pasti sudah kenal dengan alat music yang bernama “gitar”. Apa itu gitar? Gitar adalah alat music petik instrument yang biasanya dimainkan menggunakan jari-jari tangan atau sebuah pick. Gitar terdiri dari badan gitar dan leher gitar. Leher gitar adalah tempat dimana senar di pasang. Biasanya, gitar senarnya berjumlah enam. Ada 2 jenis utama gitar; yaitu gitar akustik dan gitar elektrik/listrik.

Gitar akustik dengan badan yang berrongga, telah digunakan selama beribu-ribu tahun. Ada 3 jenis utama di gitar akustik; yaitu classic guitar, steel-string acoustic guitar, dan archtrop guitar. Suara dari gitar akustik dihasilkan dari getaran yang dihasilkan senar gitar yang diperkuat di rongga gitar tersebut. Biasanya, gitar akustik lebih banyak dimainkan dengan petikan jari-jari tangan, karena suaranya menjadi sangat indah.

Gitar elektrik diperkenalkan pada tahun 1930. Suaranya dihasilkan oleh senar gitar yang diperkuat oleh amplifier. Gitar elektrik biasa dimainkan pada music-musik rock yang menghasilkan suara khas dari music rock yang frekuensinya tinggi. Di Indonesia, gitar elektrik banyak digunakan grup band untuk menyanyikan lagu-lagu pop.

Gitar akustik dan elektrik memiliki beberapa perbedaan nama-nama bagiannya. Berikut rinciannya :

I. Head = Bagian paling atas dari gitar, yang terdiri dari:
* Head strokes = Kepala dari sebuah gitar
* Tuner / Tuning Machines digunakan sebagai pengatur ketegangan senar untuk menghasilkan nada yang diinginkan
* Nut = Bagian yang berada di bawah head strokes dan berbatasan dengan neck, biasanya digunakan untuk pembatas jalur tiap-tiap senar

II. Neck = Merupakan salah satu bagian terpenting dari gitar di mana jari-jari anda dapat menari disini untuk menghasilkan denting-denting nada yang indah. Bagian-bagian yang terdapat pada neck yaitu:
* Fret = Batangan baja / tembaga yang membatasi fretboard / finger board dan biasanya berjumlah antara 22 hingga 24 buah
* Fretboard / finger board = bagian neck yang dibatasi oleh batangan fret.
* Position maker = Merupakan suatu penanda (biasanya berbentuk tanda titik yang berada di tengah-tengah fretboart ke 3, 5, 7, 9, 12, 15, 17, 19, 21, 22, 24)

III. Body = Seperti namanya, ini merupakan bagian tubuh yang biasanya paling besar dari sebuah gitar dan terdiri dari beberapa bagian yaitu:
* Sound Hole = Merupakan sebuah lubang suara yang biasanya hanya terdapat pada jenis gitar akustik.
* Pickup = Seperti sound hole, bagian ini terdiri dari rangkaian magnetik yang akan menangkap getaran-getaran senar dan memprosesnya menjadi suara yang dapat didengar dengan bantuan amplifier. Biasanya pickup terdapat pada jenis gitar elektrik maupun akustik-elektrik.
* Saddle = Digunakan oleh gitar akustik maupun elektrik yang membuat jalur hingga ke bagian nuts. Pada gitar elektrik saddle dapat juga digunakan untuk menyetel intonasi nada yang dihasilkan dari tiap-tiap senar dan dapat digunakan juga untuk mengatur ketinggian jarak senar dengan fretboard.
* Bridge / tremolo = Tempat senar dimasukan.
* Whammy bar = Berfungsi seperti tuning machine sehingga dapat digunakan untuk menaikan, menurunkan dan menggetarkan suara yang dihasilkan.
* Pickup selector switch = Untuk memindahkan pickup yang akan diaktifkan pada gitar elektrik.
* Volume / Tone Control = Digunakan untuk mengatur output suara yang dihasilkan.
* Output Jack / Cable connector = Tempat dimana kabel gitar ditancapkan dan dihubungkan dengan amplifier biasanya terdapat pada gitar elektrik / akustik-elektrik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar